Trick Jumper PA Modem Sierra 881u

Sebelum mulai mencari kerusakan modem sierra 881u ini, kita kenali cara kerja modemnya. Modem hanya akan bekerja normal jika TRX terpenuhi. Pada saat modem sierra searching, modem akan mulai mencari BTS sekitar (RX) seperti kita mencari saluran Radio FM, dan berhenti mengunci ketika sudah mendapatkan frequency yang sesuai dengan kartu SIM. Selanjutnya Modem akan mulai mendaftarkan diri(TX)
disini kuat pancaran modem ditentukan juga oleh sinyal yang didapat oleh TX tadi. Semakin kecil nilai dB semakin dekat kita dengan BTS sekitar. Semakin besar nilai dB maka modem akan bekerja keras memancarkan sinyal sinyalnya efeknya modem panas, koneksi modem tidak stabil, modem restart dll.
Agar modem dapat berkomunikasi dengan BTS dimana saja maka komponen PA ini cukup penting. 
Sesuai judul kali ini yang berperan penting dalam hal TX adalah komponen PA, komponen ini memberikan GAIN  yang diberikan oleh signal prosesor, seperti saat seseorang berbicara dengan microphone dengan pengeras suara begitu kira-kira fungsi PA.  Mari kita coba penjelasan yang diatas.
Pada User Options di 3G Watcher bagian Network settings akan ada pilihan frekuensi operasi dimana frekuensi modem dapat disett manual sesuai ke inginan pengguna.
Pada bebrapa daerah mungkin berbeda freq-nya operasinya. Berikut ini tabel list pancaran frequency dari BTS yang ada di Indonesia

Klik pada gambar untuk memperbesar.
 Gambar berikut semoga bisa dipahami ciri-ciri kerusakan PA MODEM SIERRA

Gambar1 bisa dilihat tidak ada BTS sekitar yang memancarkan Frequency 850Mhz dan 1900Mhz
Karena memang frequency ini cuma digunakan di Amerika.
Sedangkan untuk daerah ASIA, Africa dan Timur Tengah biasa menggunakan frequency 900 MHz dan 1800 MHz
Gambar2 di watcher options kembali ke setting 2G ALL, hasilnya modem berhasil mendapat sinyal 2G
tapi kali ini modem sierra tidak bisa mendaftarkan diri ke BTS. Hasilnya muncul icon EDGE tak berlingkar
Gambar3 Pada watcher options saya coba sett 3G ALL, hasilnya sama...modem gagal mendaftarkan diri ke BTS di tandai dengan tidak ada lingkaran pada modus HSDPA.
 Tidak adanya lingkaran pada HSDPA bukan cuma karena kerusakan TX bisa saja karena masalah lain seperti, Kartu SIM belum didaftarkan ke 4444, belum REG GPRS, Kartu SIM tidak diizinkan menggunakan jalur data, koneksi USB ke modem jelek atau sedang ada perbaikan pada BTS sekitar dan lain sebagainya.

Pada kasus kali ini memang jelas modem rusak pada bagian TX nya karena tidak ada masalah lain.
Sierra modem disassembly: Hardware Guide
Bypass HSPA Linear Power Amplifier Module Sierra 881u
Click on picture to enlarge
Trik bypass ini sebenarnya cuma buat menguji apa PA masih bekerja? dan bukan metode perbaikan yang disarankan jika ingin diterapkan untuk pemakaian sehari-hari.
Metode ini akan berhasil diterapkan jika sinyal pada tempat modem berada memiliki nilai RX -70dB - 75dB diatas ambang ini modem akan bermasalah pada TX. hasilnya akan sulit sekali melakukan upload, koneksi sering idle(bengong) bisa juga ter-disconnect dari jaringan. Sangat disarankan untuk mencopot PA jika ingin menerapkan trik jumper ini...karena IC PA yang masih terpasang lama kelamaan akan short(korslet) jika dijumper seperti pada gambar.

Berikut ini datasheet dari ketiga PA Pada MODEM SIERRA yang tampak pada gambar diatas



  • RX = Recieve (kuat sinyal yang diterima modem)
  • TX = Transmite (kuat pancaran modem ke BTS)
  • TRX = Transceiver (penggabungan antara TX & RX)
  • BTS = Base Transceiver Station (Antenna pemancar dan penerima milik Operator Sellular)
  • PA = Power Amplifier = Penguat
  • GAIN = Meningkatkan
Good Luck

Comments

Popular posts from this blog

MXKEY v3.5 revision 1.2, Public-Release